Hidden Folder pake Command Prompt

Command Prompt yang berbasis CUI (Character User Interface) memang banyak membuat para pemula bingung akan kegunaan salah satu fitur di Windows XP ini. Saya akan sedikit menjelaskan tentang cmd ini.

Kita mulai pelajarannya, pertama aktifkan cmd dengan mengetikkan "cmd" di Run yang ada di Start Menu.

Setelah keluar program cmd, kita akan mencoba memahami kata kunci apa saja yang bisa kita gunakan, dengan mengetikkan "help". Setelah Anda mengetikkan "help", akan keluar sederet kata turun ke bawah. Kata yang bercetak tebal merupakan kata kunci yang bisa kita gunakan sesuai fungsinya.

Kembali pada tujuan awal pelajaran kita, asumsikan saya memiliki sebuah folder dengan nama "gagmwkalah" di partisi C yang akan saya hilangkan se-level System.

|+|Local Disk (C:)
>Documents and Settings
>gagmwkalah
>Program Files
>WINDOWS

Biasanya cmd saat awal muncul, secara default akan menampilkan, "C:\Documents and Settings\user>".

C:\Documents and Settings\user>cd ..
C:\Documents and Settings>cd ..
C:\>cd ..
{dengan mengetikkan "cd ..", itu akan membuat direktori yang kita sorot semakin naik sesuai hirarkinya}

Selanjutnya kita akan menyembunyikan folder "gagmwkalah" ini.
C:\>attrib +S +H gagmwkalah
{tunggu, mungkin bisa agak lama}

Langkah-langkah sudah selesai untuk menyembunyikan folder atau file. Oia, cara ini juga bisa dipraktikkan untuk menyembunyikan file lho!

Memang terlihat sepertinya caranya panjang, ribet, dan lama. Tapi kalau sudah sering mempraktikkan, malah terasa sebaliknya.

Maaf, Panduan ini tidak disertai visualisasi sehingga mungkin menyulitkan pembaca memahami. Namun semoga anda dapat lebih memahami dengan menuliskan komentar untuk menanyakan apa yang masih dibingungkan.

Q: Saya punya file gambar yang memiliki address, "E:\Nitip\rani\photo\Picture0001". Bagaimana cara menyembunyikan file gambar ini?

A: Yang harus Anda ketahui adalah ekstensi dari file tersebut. Untuk gambar biasanya berupa .JPEG / .PNG / .GIF. Jika file gambar ini ber-ekstensi .JPEG. Maka caranya adalah sebagai berikut. Ikuti cara di atas sampai berada di drive C:!

C:\>E:
E:\>cd nitip
E:\nitip\>cd rani
E:\nitip\rani\>cd photo
E:\nitip\rani\photo\>attrib +S +H picture0001.jpeg

No comments:

Post a Comment